Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Tips Mengendarai Mobil Untuk Perjalanan Jauh

Tips Mengendarai Mobil Untuk Perjalanan Jauh

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang harus mempersiapkan kendaraan dengan baik ketika akan menjalani perjalanan jauh. Berbeda ketika Anda melakukan perjalanan seperti sehari-hari, perjalanan jarak jauh ini memiliki risiko yang mungkin bisa saja terjadi.

Seperti gangguan pada kendaraan, rasa bosan di perjalanan hingga faktor eksternal yang nantinya akan dilalui. Maka dari itu, mengemudi dalam perjalanan jarak jauh tentunya membutuhkan persiapan khusus agar perjalanan bisa lancar tanpa gangguan. Anda bisa memulai persiapan dari kesiapan fisik, perlengkapan kendaraan dan lainnya.

Agar Anda bisa mengemudi dengan nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan jarak jauh, berikut ini ada beberapa tips agar Anda merasa nyaman dan bisa sampai tujuan dengan selamat.

6 Tips Mengendarai Mobil Untuk Perjalanan Jauh

1.Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada kendaraan Anda seperti mengecek kondisi aki, air radiator, rem, ban dan lainnya. Selain itu Anda juga bisa melakukan servis kendaraan agar lebih aman. Alangkah lebih baik jika Anda memiliki alat-alat bengkel sederhana seperti dongkrak alat jumper mobil untuk berjaga-jaga.

2.Pastikan Anda dalam Kondisi Sehat

Istrihat yang cukup sebelum Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Apalagi jika Anda tidak memiliki sopir pengganti, maka Anda harus benar-benar menyiapkan kondisi badan Anda dengan baik. Hal utama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan tidur yang cukup.

Anda harus memastikan tidak dalam keadaan mengantuk. Jadi jika dalam perjalanan merasa mengantuk, lebih baik Anda berhenti untuk beristirahat. Anda bisa berhenti minimal 1-2 jam agar kondisi Anda kembali bugar dan bisa berkonsentrasi kembali.

3.Perhatikan Posisi Duduk

Pastikan posisi duduk Anda terasa nyaman dalam bekendara. Rute yang dilalui ketika perjalanan jauh bisa menjadi permasalahan tersendiri. Salah satu cara agar Anda merasa nyaman dalam berkendara yaitu perhatikan posisi duduk atau Anda bisa mengatur kursi tersebut senyaman mungkin. Namun diperhatikan juga posisi Anda tetap harus bisa melihat kondisi depan hingga ke ujung kap dan bisa melihat spion kiri kanan.

4.Perhatikan Kondisi Sekitar Jalan

Jika Anda termasuk orang yang baru pertama melewati rute jalan tersebut, Anda harus memperhatikan kondisi jalan yang dilalui. Hal tersebut bisa mempengaruhi performa Anda ketika menyetir. Perhatikan kondisi sekitar dan pahami jalan yang akan Anda lewati atau Anda juga bisa melakukan persiapan denga melihat peta terlebih dahulu ketika melakukan perjalanan jauh.

Anda bisa menyalakan lampu sein saat ingin berpindah jalur. Jaga jarak dengan kendaraan di depan Anda, karena melakukan pengereman secara mendadak akan sangat berbahaya bagi Anda dan penumpang lainnya.

5.Berkendara dengan Tenang

Selama perjalanan pastikan Anda menyetir dengan kondisi yang tenang dan sabar. Selalu jaga kondisi emosional Anda ketika perjalanan, karena bisa membahayakan diri Anda dan penumpang lainnya. Emosi bisa datang ketika Anda sudah merasa lelah dan ngantuk dalam berkendara, namun Anda bisa mencoba untuk mencari pengalihan yang lain agar emosi tersebut bisa hilang.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kondisi Rem Mobil Tetap Baik

6.Cari Tahu Posisi Pom Bensin dan Bengkel Terdekat

Setelah Anda melakukan persiapan dengan melihat kondisi jalur yang akan dilalui, agar lebih aman lagi alangkah baiknya Anda juga mencari tahu posis pom bensin dan bengkel terdekat. Hal tersebut adalah salah satu yang penting ketika Anda sedang terjebak macet yang panjang.

Demikian tips untuk mengemudi mobil ketika perjalanan jarak jauh. Semoga informasi yang ada dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *