Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Tips Dan Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat

Tips Dan Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat

Oli merupakan salah satu pelumas yang sangat penting untuk kendaraan. Hal itu berguna untuk menjaga agar kondisi mesin mobil tetap bagus dan prima ketika digunakan. Namun belakangan ini banyak sekali merek dan jenis oli mobil yang beredar di pasaran.

Merek-merek tersebut terkadang ditawarkan dengan harga yang murah atau dengan spesifikasi yang menggiurkan. Memang oli mobil mahal yang beredar di pasaran bukanlah jaminan kualitas. Namun bagaimanapun juga, sebagai pengendara mobil tentu Anda harus tahu bagaimana cara perawatan yang bagus untuk kendaraan Anda.

Baca Juga : Tips Mengendarai Mobil yang Aman di jalan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menentukan oli yang tepat untuk kendaraan Anda.

5 Tips Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat

1.Melihat Buku Panduan

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum memilih oli yang tepat untuk kendaraan ialah dengan mengecek buku panduan. Biasanya ketika Anda membeli sebuah mobil, maka Anda akan mendapatkan sebuah panduan. Di dalam panduan tersebut biasanya terdapat penjelasan oli seperti apa yang bagus untuk mobil Anda. Merek apapun biasanya sama asalkan sesuai dengan kadar yang dianjurkan buku panduan. Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini seperti Suzuki Ertiga atau Suzuki XL7 memiliki pedoman yang jelas mengenai jenis oli yang digunakan.

2.Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Walaupun semua oli terlihat sama, namun nyatanya semua oli yang beredar di pasaran memiliki tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh bagaimana oli itu dibuat, bahan apa yang digunakan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, oli yang beredar di pasaran terbuat dari tiga bahan yang berbeda. Ada oli yang terbuat dari berbagai macam bahan kimia yang disebut sebagai oli sintetik. Ada juga oli yang terbuat dari bahan alami yang berasal dari minyak bumi yang disebut dengan oli mineral. Selain itu, ada juga gabungan dari kedua oli di atas yang dijadikan satu dan disebut sebagai oli semi sintetik.

Perbedaan dari ketiga jenis oli ini juga menjadi salah satu penentu berapa lama dan jauh jarak tempuh yang dapat ditahan oleh oli tersebut. Oleh sebab itu, penting memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

3.Lihat Kode Ketahanan Oli

Tingkat kekentalan yang dibutuhkan oli mobil diukur dari ukuran pelumas yang mengalir pada sela-sela komponen yang dinyatakan dengan nomor SAE (Society of Automotive Engineer). Hal inilah yang menentukan kebutuhan oli suatu mobil. Semakin kental angka SAE, maka semakin kental pula pelumas yang dibutuhkan.

Kekentalan oli yang diberikan kepada mobil nantinya akan mempengaruhi performanya. Oleh sebab itu, mobil membutuhkan oli yang kekentalannya stabil dengan daya tahan suhu yang baik.

Mobil dengan mesin generasi baru biasanya membutuhkan oli yang lebih cair dengan SAE 10W30. Namun mobil disel atau mobil dengan tenaga yang lebih besar membutuhkan SAE yang lebih tinggi yaitu 20W50.

4.Oli Bersertifikasi

Bukan hal baru lagi kalau sertifikasi pada produk menandakan bahwa produk itu original dan sudah diakui. Begitu juga dengan oli yang beredar di pasaran, harus memiliki sertifikasi yang resmi juga. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi untuk oli di antaranya adalah API (Amerika Petroleum Institute), ACEA (Association of Certifieed European Automakers), dan ILSAC (International Lubricant Standardization and Approval Committee)

5.Gunakan Secara Konsisten

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih oli ialah melihat oli yang sebelumnya digunakan. Gonta-ganti merek oli sebenarnya bukanlah suatu masalah, asalkan masih dalam kadar dan tingkatan yang sama dari berbagai spesifikasi. Selain itu, menjaga penggunaan oli yang pertama kali dipakai bawaan pabrik akan lebih baik dalam menjaga performa mesin daripada menggunakan oli yang berbeda-beda.

Itulah beberapa cara memilih oli mobil yang tepat. Hindarilah penggunaan oli bajakan karena akan sangat membebani mesin mobil Anda. Bukan hanya itu saja, oli yang tidak resmi biasanya memiliki tingkat ketahanan yang rendah sehingga akan membuat mesin kekurangan oli.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *