Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Tips Agar Aki Mobil Awet

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada mobil adalah  untuk menyuplai daya listrik ke semua komponen-komponen yang ada. Oleh sebab itu, penting rasanya mengetahui bagaimana cara merawat aki agar awet dan tahan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa tips dalam merawat aki mobil agar awet digunakan dalam jangka waktu panjang :

6 Tips Agar Aki Mobil Awet

1.Lakukan Pemeriksaan Aki Secara Berkala

Walaupun banyak yang menyepelekan hal ini, namun pemeriksaan rutin aki merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuan dari pemeriksaan aki adalah  untuk mengetahui apakah kondisi aki masih baik atau tidak.

Jika kondisi aki dalam keadaan tidak baik, maka menyervis aki merupakan pilihan terbaik agar tidak rusak. Contoh kerusakan aki yang harus diperhatikan adalah  apakah ada keretakan, apakah ada kabel mengelupas, dan pastikan tutup aki tidak longgar.

Bagi aki kering, mungkin pemeriksaan rutin tidak perlu dilakukan secara berkala. Namun untuk aki basah ini sangatlah penting. Setidaknya pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat apakah air aki masih berada pada garis indikator normal. Jika sudah kurang, maka lakukanlah penambahan air agar komponen bagian dalam aki tidak rusak.

2.Panaskan Mobil Secara Berkala

Walaupun terkesan sepele, namun memanaskan mobil setelah lama tidak digunakan merupakan salah satu cara agar aki awet. Tujuannya untuk menstabilkan arus listrik pada seluruh komponen mobil, sehingga ketika awal digunakan tidak terlalu membebani aki. Andatidak perlu terlalu lama dalam memanaskan mobil, paling tidak 5 sampai 10 menit sebelum digunakan sudah cukup.

3.Matikan Perangkat Elektronik Saat Mobil Tidak Digunakan

Hal yang paling penting Anda lakukan ketika berhenti dan mematikan mobil adalah  memastikan seluruh perangkat elektronik juga mati. Tujuannya agar ketika menggunakan mobil kembali, arus listrik yang dikeluarkan aki hanya berfokus pada starter saja. Sehingga, beban yang harus ditanggung aki menjadi sangat minimum.

4.Lepaskan Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Tips ini berlaku ketika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu panjang. Melepaskan kabel aki pada kondisi tidak digunakan bertujuan agar arus terputus, sehingga tidak terjadi pengaliran listrik secara terus menerus dan membuat aki menjadi tekor dan soak.

5.Gunakan Aki dengan Kualitas Terbaik

Penggunaan aki dengan kualitas terbaik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi lama masa gunanya. Mobil-mobil baru yang beredar saat ini seperti Suzuki Ertiga memiliki kualitas aki yang sangat baik. Pastikan aki yang Anda gunakan berasal dari merek pabrik yang memang sudah terkenal dan pastikan juga keaslian aki tersebut. Bagi Anda yang kurang memiliki waktu dalam melakukan perawatan aki, maka pemilihan aki kering merupakan langkah terbaik. Pasalnya, air pada aki kering tidak perlu ditambah, sehingga pemeriksaan rutin tidak terlalu perlu dilakukan.

Baca Juga : Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

6.Jangan Gunakan Aki Dalam Kondisi Mesin Mati

Terkadang dalam keadaan menunggu, Anda menggunakan aki untuk menghidupkan AC padahal mesin mobil tidak menyala. Penggunaan aki seperti ini sangatlah tidak disarankan karena sangat membebani penggunaan aki. Jika Anda melakukan terlalu sering melakukan hal ini, maka kondisi aki akan menjadi lebih cepat tekor dan soak.

Itulah 6 tips yang dapat Anda terapkan agar aki mobil awet dan tahan lama. Jika ingin aki mobil bisa bertahan lama, maka kurangilah beban yang diberikan pada kepadanya. Selain itu, rutinlah memeriksa dan membersihkan aki agar arus listriknya tidak terganggu.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Memiliki kendaraan seperti mobil memang kerap menjadi idaman bagi beberapa orang saat ini.Namun di samping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *