Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Suspensi mempunyai peranan penting terhadap keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Sebab, suspensi merupakan sektor yang secara langsung merasakan getaran pada kondisi jalan. Ada kalanya saat mengendarai mobil Anda merasakan ketidaknyamanan terutama di jalan bergelombang. Ini mungkin karena suspensi mobil Anda mengalami kerusakan. Lantas, apa saja penyebab suspensi mobil tidak nyaman dan cara mengatasinya?

Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Penyebab suspensi mobil keras hingga menimbulkan kesan tidak nyaman sangatlah beragam. Dari pada penasaran, yuk simak ulasan penyebab suspensi mobil tidak nyaman dan cara mengatasinya berikut ini!

1.Masa Pakai Sudah Habis

Penyebab suspensi mobil tidak nyaman yang pertama yakni masa pakai yang telah habis. Faktor ini mungkin menjadi hukum alam yang tidak dapat dihindari. Umumnya suspensi mobil yang sudah habis masa pakainya, oli yang terdapat di dalam suspensi tersebut akan bocor hingga habis. Hal tersebut membuat suspensi mobil terasa tidak nyaman karena mengeras.

Agar Anda dapat mengetahui apakah oli suspensi mobil Anda bocor atau tidak, Anda dapat melihat pada bagian suspensi. Apabila terdapat debu yang menempel pada badan suspensi, bisa jadi suspensi mobil Anda memang mengalami kebocoran.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel khusus shockbeker. Umumnya, apabila suspensi sudah expired maka perlu diganti dengan yang baru. Namun akan lebih baik jika Anda percaya dengan instruksi dari montir yang menangani mobil Anda.

2.Mobil Sering Melewati Jalan Berlubang

Jika Anda sering berkendara di jalan yang berlubang, tentu ini menjadi salah satu penyebab suspensi terasa tidak nyaman. Hal ini membuat suspensi mobil Anda harus bekerja dengan lebih berat dibandingkan melaju di jalan datar. Sehingga membuat usia suspensi tersebut menjadi lebih pendek. Untuk mobil sedan atau hatchback mempunyai usia yang lebih pendek dari pada mobil SUV atau mobil MPV.

Untuk mengatasi permasalahan ini Anda harus berusaha sebisa mungkin untuk bersabar dan berjalan pelan ketika melintasi jalanan yang berlubang atau tidak rata. Penyebab suspensi mobil tidak nyaman dan cara mengatasinya ini perlu Anda perhatikan agar suspensi mobil beserta komponen yang lain menjadi tahan lama dan awet.

3.Pemasangan Upper Mounting yang Tidak Tepat

Untuk penyebab suspensi mobil tidak nyaman berikutnya yaitu pemasangan upper mounting pada mobil Anda yang kurang tepat. Jika pemasangan tersebut salah maka suspensi pun akan berada di tempat yang tidak semestinya, mungkin akan bergeser sedikit. Jika hal ini dibiarkan, kinerja suspensi menjadi kurang maksimal dan keras.

Pastikan Anda mengecek bagian upper mounting pada mobil apakah sudah dipasang dengan posisi yang tepat atau tidak. Jika ternyata pemasangan dilakukan dengan cara yang salah maka akan mengganggu keamanan serta kenyamanan Anda dalam berkendara.

Baca Juga : 3 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Berkala Ketika Jarang Digunakan

4.Ball Joint Rusak

Komponen mobil ini merupakan penghubung antara ban dengan suspensi. Fungsi ball joint yaitu sebagai penyerap sebagian guncangan yang bersumber dari jalan. Anda dapat mengetahui apakah ball joint rusak atau tidak ketika mobil sedang berbelok lalu berbunyi seperti besi beradu.

Agar semakin jelas, Anda bisa mendongkrak mobil serta goyangkan bagian ban dengan menyilang. Apabila salah satu ban mobil Anda bergoyang maka dapat dipastikan bahwa ball joint pada ban tersebut sudah rusak.

Nah, itulah beberapa penyebab suspensi mobil tidak nyaman dan cara mengatasinya. Selain hal diatas, ada juga faktor bahwa setiap jenis mobil memiliki karakteristik suspensi yang berbeda. Perbedaan itu biasanya tergantung pada jenis kendaraan itu, misalnya mobil crossover seperti Suzuki S-Cross pasti memiliki suspensi yang lebih keras. Namun untuk mobil keluarga seperti Suzuki Ertiga memiliki suspensi yang lebih empuk. Dengan selalu menjaga kondisi mobil kesayangan Anda salah satunya pada komponen suspensi, tentu akan memberikan sesuatu yang lebih pada Anda misalnya keamanan, kenyamanan dan berkurangnya pengeluaran dana.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Memiliki kendaraan seperti mobil memang kerap menjadi idaman bagi beberapa orang saat ini.Namun di samping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *