Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Masalah Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya

Masalah Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya

Salah satu fitur yang penting bagi pemilik mobil yaitu wiper. Apalagi ketika hujan deras, wiper berfungsi untuk menyapu air yang ada pada kaca depan mobil. Wiper ini merupakan alat yang membuat pandangan pengemudi tidak terhalang oleh air hujan atau debu yang menempel di kaca mobil.

Wiper mobil memang dibutuhkan agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Maka dari itu, penting sekali untuk selalu periksa semua komponen mobil Anda. Saat ini banyak orang menganggap sepele fungsi wiper. Padahal, jika alat ini rusak, maka akan memicu risiko keamanan dan kenyamanan, terutama pada pengemudi karena bisa mengganggu perjalanan.

Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada wiper. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada wiper dan cara mengatasinya.

Detail Ulasan Masalah Wiper Mobil dan Cara Mengatasinya

1.Gerakan Wiper Lambat

Gerakan wiper yang lambat disebabkan adanya bagian sistem penggerak wiper yang sudah kotor. Hal tersebut berdampak buruk pada arus listrik, yang membuat engkol wiper menjadi terhambat. Selain itu, terkadang adanya karatan di elemen wiper tersebut yang membuat kinerja wiper tidak stabil. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan tahanan koil tersebut dan bisa disemprot dengan cairan anti karat.

2.Kurangnya Semburan Air dari Washer

Penyebab yang satu ini akibat kurangnya semprotan air dari kepala washes yang terjadi karena lubang di kepala washer tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa melepas tabung secara langsung dan campurkan dengan pasir kerikil, lalu dikocok hingga kotoran menempel di dinding tabung sampai hilang dan bersih. Jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih.

3.Karet Wiper Aus

Karet wiper yang aus dan mengeras akan menyebabkan sapuannya tidak merata. Jika wiper sudah macet, maka jangan lupa untuk mengecek kondisi karet wiper tersebut. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengganti karet dengan yang lebih lentur saat sudah aus atau mengeras.

4.Wiper Tidak Bergerak

Ada beberapa kemungkinan wiper tidak bergerak sama sekali. Salah satunya yaitu disebabkan karena motor listrik yang sudah aus atau bisa juga sekring yang putus karena ada arus listrik yang berlebihan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggantinya dengan yang baru dan selalu cek rangkaian antar kabel yang terkait dengan sekring.

Baca Juga : Tips Dan Cara Memilih Oli Mobil Yang Tepat

5.Dinamo Wiper

Masalah lain yang juga sering terjadi pada dinamo wiper adalah kumparan yang terbakar. Hal tersebut disebabkan adanya hubungan singkat pada arus listrik mobil. Jika sudah terjadi seperti itu, maka wiper mobil tersebut bisa dibilang sudah rusak total. Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada wiper mobil, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain di bawah ini :

  • Anda bisa melakukan pemeriksaan pada bagian kelistrikan atau sekring wiper mobil Anda.
  • Anda juga bisa memeriksa bagian motor penggerak pada wiper.
  • Jika kerusakan pada wiper terjadi karena adanya kotoran atau debu yang menempel, maka Anda bisa melakukan pembersihan dengan mengelapnya.
  • Memanfaatkan pelumas yang bisa menjadikan poros penggerak wiper dapat bekerja dengan baik
  • Jika kerusakan sudah terjadi pada komponen wiper Anda, maka Anda bisa membawanya langsung ke bengkel mobil.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada wiper mobil beserta cara mengatasinya. Saya sarankan untuk selalu rutin mengecek kondisi mobil Anda agar bisa dengan mudah mendeteksi adanya kerusakan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi yang membutuhkan.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *