Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Inilah Penyebab AC Tidak Dingin

Inilah Penyebab AC Tidak Dingin

AC mobil merupakan suatu fitur penting di sebuah mobil. Bagaimana tidak, benda yang satu ini sangat berguna sekali dalam mendingan dan menyejukkan udara di dalam mobil. Sehingga fitur ini cenderung sering digunakan oleh para pengendara mobil ketika melakukan perjalanan.

Walaupun AC memiliki fungsi khusus dan keberadaannya sangat penting pada mobil, namun tak jarang para pengguna mobil mempergunakan AC secara serampangan sehingga menyebabkan kerusakan pada AC tersebut.

Contohnya kerusakannya bisa berbagi macam, mulai dari mengeluarkan aroma yang kurang sedap bahkan tidak bisa mendinginkan ruangan mobil.

Detail Ulasan Penyebab AC Tidak Dingin

Sebelum membicarakan kenapa AC mobil tidak dingin, alangkah baiknya sebagai pengguna kita mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Dalam proses pendinginan, ada banyak hal yang menyebabkan AC menjadi tidak dingin atau lambat dalam mendinginkan. Salah satunya ialah kebocoran yang terjadi pada pipa AC karena usia pemakaian yang sudah lama. Bukan hanya itu saja, kerusakan pada AC juga dapat disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada bagian evaporator maupun kondensor.

Untuk dapat menghindari hal-hal demikian, maka sebagai pengguna mobil, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk merawat AC. Cara-cara tersebut sebagai berikut :

1.Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Seperti yang kita ketahui bahwasanya AC berfungsi sebagai pengatur siklus udara. Sehingga dalam pengoperasiannya, AC sangat bergantung pada tingkat kebersihan udara yang ada.

Salah satu cara agar AC dapat awet ialah dengan cara menjaga kebersihan kabin mobil Anda. Jagalah kebersihan karpet maupun lantai mobil Anda.

Dengan bersihnya lantai mobil tersebut, maka udara yang ada di dalam kabin mobil pun juga akan ikut bersih. Dengan demikian AC akan bekerja normal dan beban pada filternya dapat berkurang.

2.Jangan Buka Kaca Ketika AC Menyala

Membuka kaca mobil ketika AC menyala selain membuang bahan bakar juga dapat menambah beban pada filter AC. Pasalnya ketika kaca mobil terbuka, maka besar kemungkinan siklus udara menjadi kotor sehingga AC bekerja dua kali lebih banyak dari biasanya.

3.Parkir Mobil Di Tempat Sejuk

Walaupun terkesan sepele, namun posisi memarkirkan mobil merupakan salah satu penyebab rusaknya AC. Hal ini disebabkan mobil yang terparkir di tempat yang panas akan menyebabkan udara dalam mobil menjadi lebih hangat. Sehingga ketika menghidupkan AC kembali akan membuat AC bekerja dua kali lebih banyak.

4.Matikan AC Ketika Mobil Mati

Walaupun terkesan sepele namun menghidupkan mobil ketika AC hidup juga dapat membuat AC menjadi cepat rusak.

5.Jangan Merokok Ketika Menggunakan AC

Merokok dalam mobil selain membuat kurang nyaman ternyata juga dapat membuat AC menjadi cepat rusak. Mobil yang tertutup membuat asap rokok terperangkap di dalam, sehingga AC lah yang nantinya akan bekerja untuk menetralkan udara tersebut.

Hal inilah yang nantinya akan menjadi AC cepat rusak, dikarena asap rokok tersebut akan menempel pada Evaporator. Hal ini juga beresiko dapat merusak kompresor atau bahkan  menyebabkan selang meledak.

6.Perhatian Selang AC

Walaupun hal ini tergolong sebagai tugas mekanik atau tukang bengkel. Namun sebagai pengguna mobil tidak ada salahnya Anda mengecek kondisi selang AC mobil Anda. Pasalnya selang AC yang sudah bocor akan mengakibatkan freon berkurang sehingga pendinginan AC menjadi lambat.

Itulah beberapa tips dan cara yang harus Anda perhatikan jika ingin AC mobil anda tidak cepat rusak. Selain melakukan beberapa cara dalam merawat AC di atas. Sebagai pengguna mobil, alangkah baiknya sesekali Anda membawa kendaraan ke bengkel untuk mengecek kondisi AC. Apalagi ketika Anda sudah menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *