Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / Cara Mudah Membuat Mesin Mobil Menjadi Halus

Cara Mudah Membuat Mesin Mobil Menjadi Halus

Ketika mempunyai mobil, ada hal penting yang harus Anda ketahui yaitu bagaimana cara merawat mobil yang baik­. Mobil biasanya akan mengeluarkan suara yang tidak enak ketika mengalami kerusakan pada komponennya, sehingga cenderung akan mengganggu ketika digunakan. Apabila Anda mendengarkan suara mesin kasar ketika menggunakan mobil, itu merupakan sebuah tanda terjadinya sebuah kerusakan pada komponen mobil.

Sebab itu perlu dilakukan perbaikan agar suara kasar tersebut dapat hilang dan mobil kembali ke kondisi normal. Bagi yang tidak paham mungkin akan merasa panik ketika mendengarkan suara kasar pada mobil yang kasar. Karena itu, perlu rasanya Anda mengetahui bagaimana cara membuat mesin mobil jadi halus.

Detail Tips Cara Membuat Mesin Mobil Menjadi Halus

1.Gunakan Oli Berkualitas dan Sesuai Spesifikasi Pabrik

Penggunaan oli mesin yang tidak sesuai spesifikasi serta berkualitas buruk menjadi salah satu penyebab mesin mobil berbunyi kasar. Biasanya penggunaan oli dengan spek yang tidak sesuai dilakukan untuk mengurangi pengeluaran biaya perbaikan. Padahal cara ini sangat beresiko dalam merusak mesin mobil dan membuat mengeluarkan suarayang kasar.

Selain itu oli dengan kualitas buruk juga tidak tahan dan sangat lemah dalam menahan panas mesin. Sehingga oli tersebut lebih mudah mencair dan kurang bagus dalam melindungi komponen dalam mesin.

2.Bersihkan Komponen AC Mobil

Suara bising yang dikeluarkan oleh mobil tidak semerta-merta berasal dari bagian mesin saja. Komponen AC yang sudah rusak juga menimbulkan gejala yang yang sama dalam menimbulkan suara bising. Komponen AC yang paling sering mengalami kerusakan dan mengeluarkan suara bising ialah bagian kompresor AC.

Kompresor AC mobil berfungsi untuk memompa freon dan menyalurkannya ke seluruh bagian AC. Bagian ini sangat rentan terkena kotoran yang masuk melalui saluran udara. Apabila kotoran yang masuk sudah mengendap pada kompresor AC, maka akan menimbulkan suara mesin yang kasar pada mobil. Oleh sebab itu rutin membersihkan AC mobil merupakan salah satu cara membuat mesin mobil tetap halus.

3.Periksa Komponen Bagian Luar Mesin

Terkadang penyebab mobil menjadi berisik tidak hanya disebabkan oleh komponen bagian dalam saja. Mesin yang kasar terkadang juga disebabkan oleh bagian luar mesin yang sudah tidak terpasang dengan benar. Sehingga menimbulkan kebisingan diakibatkan oleh getaran yang terjadi pada bagian luar mesin tersebut saat mobil berjalan.

Bagian luar mesin yang berpotensi mengeluarkan suara bising ialah tensioner fan belt, fan belt, pulley, alternator, dan kipas pendingin. Selain itu pompa power steering serta kipas pendingin yang sudah mulai melemah juga menjadi salah satu penyebab kasarnya suara mobil.

Baca Juga : Tips Mengendarai Mobil Untuk Perjalanan Jauh

4.Dudukan Mesin yang Longgar

Pada sebuah mobil terdapat beberapa mounting atau dudukan yang juga menjadi sumber kebisingan. Mounting yang sering memberikan suara bisik pada mobil diantaranya engine mounting, gearbox mounting dan support mounting. Mobil akan mengeluarkan bunyi yang kasar serta bergetar apabila mounting tersebut mengalami kelonggaran.

Pada umumnya mounting pada sebuah mobil harus dicek secara berkala, namun pengecekan ini bukan berarti harus melakukan penggantian. Dalam kondisi normal mounting pada sebuah mobil tidak akan rusak, karena mounting sendiri dirancang dengan ketahanan yang kuat sehingga bisa digunakan kurang lebih selama 7 sampai 10 tahun.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam membuat suara mobil tetap halus. Pada dasarnya pengecekan mesin mobil secara berkala merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya pengecekan itu sangat berpengaruh kepada kenyamanan dan keselamatan Anda dalam menggunakan mobil.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Memiliki kendaraan seperti mobil memang kerap menjadi idaman bagi beberapa orang saat ini.Namun di samping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *