Breaking News
Home / Uncategorized / Cara Mengatasi Karat Pada Bodi Mobil

Cara Mengatasi Karat Pada Bodi Mobil

Karat pada mobil bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Karat tersebut jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebar dan menyebabkan mobil menjadi keropos dan rapuh. Selain itu, tampilan mobil juga menjadi tidak enak untuk dipandang.

Penyebab Karat Pada Bodi Mobil

Ada banyak penyebab timbulnya karat pada mobil. Di antara penyebabnya adalah sebagai berikut:

1.Air Laut

Air laut mengandung garam yang cukup tinggi. Hal ini bisa mempercepat timbulnya karat pada mobil. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu segera mencuci mobil setelah terkena air laut.

2.Air Hujan

Mobil yang sering terkena air hujan dan tidak dicuci setelahnya, maka akan cepat berkarat. Hal ini karena air hujan mengandung senyawa asam yang bersifat korosif. Jika mobil tidak dicuci setelah terkena hujan, kemungkinan timbulnya karat pada bodi mobil juga semakin besar.

3.Kotoran

Kotoran yang lama menempel pada bodi mobil akan menjadi mengeras dan menjadi kerak. Kerak ini kemudian yang akan mengikis permukaan cat dan menjadi penyebab munculnya karat. Kerak yang dibersihkan tentu saja akan meninggalkan baret di bodi mobil dan menimbulkan karat karena lapisan pelindung bodi mobil hilang.

4.Udara

Udara yang lembab juga membuat logam cepat mengalami perkaratan. Oleh karena itu, jangan terlalu lama memarkirkan mobil di tempat yang lembab. Selain itu, hindari mencuci mobil saat sore atau malam hari. Hal ini akan membuat mobil tidak cepat kering dan menjadi lembab.

Cara Mengatasi Karat Pada Bodi Mobil

Untuk menghindari timbulnya karat pada bodi mobil, sebaiknya mobil dibersihkan secara rutin dan juga dilapisi anti karat. Namun, jika karat sudah terlanjur muncul, kamu bisa melakukan beberapa upaya untuk menghilangkannya. Ini dia cara mengatasi karat pada bodi mobil menggunakan bahan dan alat sederhana.

1.Menggunakan Garam dan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara pertama untuk mengatasi karatan pada bodi mobil adalah dengan menggunakan garam dan jeruk nipis. Taburi bagian yang berkarat dengan garam kemudian siramkan air jeruk nipis atau lemon di atasnya. Diamkan sebentar lalu gosok dengan penggosok aluminium. Siram dengan air kemudian lap bagian tersebut hingga kering.

2.Mengecat Kembali

Sebelum dicat kembali, kamu harus membersihkan karat dengan menggunakan gerinda tangan, amplas kasar, dan amplas halus. Kamu harus hati-hati saat menggunakan gerinda agar tidak merusak bodi mobil. Setelah karatnya hilang, berilah thiner pada bagian yang akan dicat. Lapisi dengan cat dasar sebanyak 3 lapis. Setelah kering, barulah dicat tipis agar tidak menggumpal.

3.Menggunakan Cuka

Rendam bagian mobil yang terkena karat dalam larutan cuka dan air selama 1-2 hari. Setelah itu gosok menggunakan sikat hingga karatnya hilang. Siram menggunakan air kemudian lap bagian tersebut hingga benar-benar kering. Hal ini agar sisa air tidak membuat karat muncul kembali.

4.Menggunakan Baking Soda

Campurlah baking soda dengan air. Gosoklah bagian mobil yang sudah disiram dengan larutan baking soda dan air. Gosok secara perlahan hingga karat benar-benar hilang. Siram dengan air bersih kemudian lap bagian tersebut hingga benar-benar kering.

Baca Juga : Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

5.Cairan Xinclong

Cara lain untuk menghilangkan karat pada bodi mobil adalah dengan membeli cairan khusus penghilang karat. Salah satunya adalah Xinclong. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan cairan ini pada permukaan yang berkarat, kemudian gosok atau lap permukaan tersebut hingga karatnya hilang.

Itulah beberapa cara mengatasi karat pada bodi mobilmenggunakan bahan dan alat yang mudah ditemukan di rumah. Setelah karat hilang, pastikan kamu merawat dan membersihkan mobil kamu secara rutin ya. Semoga bermanfaat.

About abdullah abdullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *