Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / 5 Tips Menjaga Kondisi Rem Mobil Tetap Baik

5 Tips Menjaga Kondisi Rem Mobil Tetap Baik

Rem merupakan salah satu bagian yang paling penting pada sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Namun walaupun keberadaan rem sangat penting, tetap saja masih banyak pengemudi yang tidak terlalu memperhatikan hal ini. Padahal, kesalahan fatal pada bagian ini dapat menyebabkan kecelakaan yang beresiko pada kehilangan nyawa seseorang.

Bagian rem pada mobil memiliki banyak macam komponen, mulai dari cakram, bantalan rem atau kanvas rem, dan sistem anti-lock. Berbagai komponen tersebutlah yang bekerja sama dalam memberikan tekanan daya tahan untuk memperlambat laju dari sebuah mobil. Oleh sebab itu dibutuhkan perawatan terhadap komponen-komponen tersebut agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut tips dan tata cara menjaga rem mobil agar tetap pada kondisi yang baik.

Detail 5 Tips Menjaga Kondisi Rem Mobil

1.Selalu Bersihkan Cakram dan Kanvas

Bagian cakram pada rem berada di posisi yang menghadap ke jalan sehingga memiliki kemungkinan besar untuk kotor. Tujuan dari pembersihan bagian ini ialah agar kotoran yang menempel pada bagian ini berkurang beserta partikel kecil lainnya. Jika tidak, maka ada kemungkinan bagian ini akan menjadi licin sehingga efektifitasnya akan berkurang.

Selain itu, batu atau partikel kecil yang menempel pada bagian kanvas akan mempercepat penipisan kanvas. Sehingga tanpa kamu sadari pemakaian rem akan lebih cepat dibandingkan biasanya.

2.Lakukan Penggantian Kanvas Ketika Sudah Tipis

Banyak yang tidak menyadari bahwasanya kamvas rem yang mereka gunakan sudah mulai menipis, sehingga terjadi pemaksaan pemakaian kanvas hingga batas maksimal pada sebuah mobil. Hal seperti ini tentu sangatlah tidak bagus karena dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain rem seperti cakram.

Selain itu pemakaian kanvas yang melebihi batas wajar juga akan mengurangi kapasitas minyak rem, sehingga tanpa disadari jumlah minyak rem pada mobil kamu akan berkurang sedikit demi sedikit.

3.Lakukan Pengisian Minyak Rem

Kesalahan yang cukup sering terlupakan oleh pengguna mobil ialah melakukan penambahan minyak rem mobil. Memang dalam pemakaian normal dan kondisi baik, minyak rem tidak akan mengalami pengurangan dan akan bertahan dalam jangka waktu lama.

Namun dalam kondisi tertentu, minyak rem tersebut tetap harus dilakukan penukaran atau pengisian ulang. Untuk penggantian minyak rem sendiri dapat dilakukan dengan jangka waktu 2 tahun pemakaian atau setara dengan 20.000 km laju kendaraan sejak pertama kali.

4.Melakukan Pengecekan Piringan Cakram

Bahan dasar dari pembuatan piringan cakram ialah metal yang sewaktu-waktu dapat menipis. Apalagi kamu memakainya dengan kondisi yang sangat ekstrim hingga kanvas benar-benar habis. Hal seperti ini pastinya akan melukai piringan cakram pada mobil Anda. Oleh karena itu lakukanlah pengecekan secara rutin agar kamu bisa memantau kondisi piringan cakram mobil.

Jika memang dibutuhkan, maka tidak ada salahnya kamu melakukan penyemprotan dengan penyemprot khusus untuk mencegah piringan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Tips Memilih Mobil Keluarga yang Tepat

5.Periksa Kondisi Kapiler Rem

Kapiler rem merupakan komponen yang bertanggung jawab dalam mendorong kanvas agar menjepit piringan cakram. Peristiwa seperti inilah yang menyebabkan laju mobil menjadi terhambat dan perlahan melambat. Bagian kapiler pada rem memang jarang sekali mengalami kerusakan, namun bukan berarti tidak bisa.

Bukti bahwasanya kapiler mengalami kerusakan di antaranya adalah kondisi rem yang tidak konstan atau menyendat. Hal ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, termasuk juga disebabkan oleh minyak rem. Karena minyak rem bertanggung jawab dalam mendorong kapiler ini untuk melakukan pengereman.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *