Breaking News
Home / Berita Mobil Suzuki Terbaru / 3 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Berkala Ketika Jarang Digunakan

3 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Berkala Ketika Jarang Digunakan

Sejatinya mobil digunakan untuk memudahkan mobilitas harian. Tapi terkadang karena alasan tertentu, mobil justru menjadi jarang digunakan. Di satu sisi, mesin lebih awet karena mobil jarang digunakan. Tapi di sisi lain, ada komponen-komponen mobil yang perlu dicek secara berkala karena rentan mengalami kerusakan atau kondisi yang kurang maksimal ketika mobil jarang digunakan.

Oleh karena itu, pengecekan berkala terhadap bagian-bagian penting mobil tidak boleh disepelekan. Alasannya, setiap saat mobil tersebut bisa saja butuh untuk digunakan tiba-tiba. Jika jarang diperiksa, besar kemungkinan ada bagian-bagian yang tidak berfungsi maksimal.

Tentu Anda tidak ingin membahayakan diri sendiri maupun keluarga akibat mengemudikan mobil yang memiliki beberapa bagian penting dalam keadaan kurang maksimal bukan? Oleh karena itu, perhatikan beberapa bagian penting berikut ini saat mobil jarang digunakan.

Detail Ulasan 3 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Secara Berkala

1.Cek Ruang Mesin

Saat mobil jarang digunakan, pastikan Anda rutin mengecek kondisi ruang mesin. Pasalnya, bisa saja ada hewan-hewan kecil yang bersarang di ruang mesin dan mengakibatkan gangguan pada komponen-komponen mesin tertentu.

Perhatikan visual dari setiap bagian-bagian mesin, pastikan tidak ada bagian yang tergigit. Jika ditemukan komponen tertentu yang digigit oleh hewan yang bersarang, segera perbaiki atau ganti komponen tersebut.

Salah satu komponen mesin yang rentan rusak ketika ruang mesin digunakan bersarang oleh hewan-hewan kecil adalah selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Olehnya itu, pastikan kedua selang tersebut dalam kondisi normal. Jika sudah tergigit atau lapuk dimakan usia, sebaiknya ganti saja selang tersebut.

Pastikan juga kondisi air radiator masih banyak. Jika tinggal sedikit, segera lakukan pengisian kembali. Jangan menunda-nunda hal tersebut karena bisa saja Anda lupa. Takutnya Anda tiba-tiba butuh untuk mengunakan mobil untuk perjalanan jauh dalam, sedangkan Anda lupa kalau air radiator tinggal sedikit dan tidak memadai lagi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil.

2.Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan angin pada ban tidak akan bersifat permanen. Jika mobil jarang digunakan, tekanan ban akan berkurang karena angin akan ke luar dengan sendirinya lewat pori-pori ban tersebut. Meskipun angin yang keluar tidak sekaligus melainkan sedikit demi sedikit, lambat laun tekanan ban akan jauh berkurang jika mobil lama terpakir di garasi.

Saat tekanan ban berkurang, tentu mobil dalam kondisi kurang maksimal ketika digunakan. Bahkan lebih berbahaya, karena setir mobil akan terasa berat akibat cengkraman ban pada jalan berkurang. Akibatnya, laju mobil kurang stabil dan rentan menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, salah satu komponen mobil yang perlu dicek secara rutin adalah ban mobil. Pastikan tekanan angin di dalamnya masih sesuai standar. Jika tekanan berkurang, segera isi kembali agar mobil sewaktu-waktu bisa langsung digunakan ketika dibutuhkan.

Baca Juga : Inilah 5 Fitur Keamanan Mobil yang Penting untuk Diketahui

3.Cek Kondisi Oli

Peranan penting oli tidak hanya dibutuhkan saat mobil berjalan. Meskipun jarang digunakan, kondisi oli mobil harus dicek secara rutin. Hal ini penting, agar mekanisme mobil tetap normal ketika mobil tiba-tiba ingin digunakan.

Lakukan pengecekan kondisi oli sesuai aturan yang telah ditentukan. Jika memang kapasitas oli mesin berkurang atau kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk digunakan, maka sebaiknya oli tersebut diganti dengan yang baru.

Itulah 3 komponen mobil yang perlu dicek berkala ketika jarang digunakan. Dengan mengeceknya secara berkala, kondisi mobil Anda lebih maksimal, lebih aman, dan siap untuk digunakan kapan saja dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

About abdullah abdullah

Check Also

Tips Agar Aki Mobil Awet

Aki termasuk sebagai salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Fungsi utama aki pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *